Friday, 7 August 2009

tugas softskill semester 2

Tata kerja adalah cara-cara melaksanakan kerja yang seefisien mungkin mengenai sesuatu pekerjaan dengan mempertimbangkan tujuan, fasilitas, tenaga kerja, waktu dan lain-lain yang tersedia.


Prosedur kerja adalah rangkaian tata kerja yang saling berkaitan sehingga menunjukkan adanya suatu urutan tahap demi tahap yang harus dikerjakan dalam rangka penyelesaian suatu pekerjaan.

Sistem kerja adalah rangkaian tata kerja dan prosedur kerja yang membentuk satu kebulatan pola dalam rangka melaksanakan satu pekerjaan.



Sumber :

Tjandra, Sheddy N. dkk, 2008, Kesekretarisan Jilid 1 untuk SMK, Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, h. 166.

http://gurumuda.com/bse/pengertian-tata-kerja-sistem-kerja-hubungan-kerja-dan-kepemimpinan


CONTOHNYA :
TATA KERJA :1. Bagian Tata Pemerintahan, membawahkan:

a) Sub Bagian Pemerintahan Umum;

b) Sub Bagian Otonomi Daerah;

c) Sub Bagian Administrasi Kependudukan dan Pertanahan;
http://medizton.wordpress.com/2010/05/15/contoh-struktur-organisasi-tata-kerja-pemerintah-daerah/

PROSEDUR KERJA:
Contoh Sistem penempatan barang dan harga di sebuah Toko :

1. Mengklasifikasi atau pemisahan barang yang berbeda kepentingannya, contoh sabun dan makanan
2. Meletakkan barang barang tersebut di lemari kaca atau tempat yang telah tersedia
3. Lakukan pencatatan stok barang baik barang masuk dan barang keluar
4. Lakukan kontrol dengan cara melihat buku stok.

http://jasajasakonsultan.blogspot.com/2011/02/tata-kerja-prosedur-kerja-dan-sistem.html

SISTEM KERJA :
SISTEM KERJA PERKANTORAN

ANALISIS JABATAN

Analisis jabatan (job analysis) merupakan suatu proses penggambaran dan pencatatan informasi mengenai prilaku dan kegiatan pekerjaan. Agar praktek manejemen sumber daya manusia bias lebih efektif, pekerjaan harus dipahami dengan jelasbaik oleh perusahaan maupun pelakunya.
http://aankhabiburrahman.wordpress.com/2010/06/03/definisi-analisis-jabatan/

JOB DESCRIPTION

Deskripsi pekerjaan adalah suatu pernyataan tertulis tentang apa yang senyatanya dilakukan oleh pemegang jabatan, bagaimana melakukannya, dan dalam kondisi seperti apa jabatan tersebut dilaksanakan. Informasi ini pada gilirannya akan digunakan untuk menulis spesifikasi jabatan, yaitu daftar pengetahuan, kemampuan, dan keahlian yang dibutuhkan untuk melaksanakan jabatan secara memuaskan.
http://muhammad-imran-tira.blogspot.com/2009/07/pengertian-deskripsi-pekerjaan.html

JOB SPESIFICATION

• H.Malayu S.P. Hasibuan: informasi tertulis yg manguraikan tugas dan tanggung jawab,kondisi pekerjaan,hubungan pekerjaan,dan aspek-aspek pekerjaan pada suatu jabatan tertentu dlm organisasi
• Robert L.Mathis&John H.Jackson:Identifikasi tugas dan tanggung jawab dari suatu pekerjaan
• B.Siswanto Sastrohadiwiryo:rincian pekerjaan yg berisi informasi menyeluruh tentang tugas/kewajiban,tanggung jawab,dan kondisi-kondisi yg diperlukan apabila pekerjaan tersebut dikerjakan
- Uraian pekerjaan lebih menekankan tugas dan tanggung jawab karyawan sehingga lebih banyak berhubungan dengan pekerjaan daripada unsur manusianya/karyawan
- Uraian pekerjaan merupakan pedoman,petunjuk,dan arah tindakan bagi karyawan utk melaksanakan pekerjaan sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya
- Dengan adanya uraian pekerjaan, karyawan diharapkan dpt melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara efektif dan efisien menuju profesionalisme dan produktivitas

http://juve17.wordpress.com/

No comments:

Post a Comment

:k1 :k2 :k3 :k4 :k5 :k6 :k7 :k8 :k9 :a1 :a2 :a3 :a4 :a5 :a6 :a7 :a8 :a9