Thursday 18 August 2011

BARCELONA - Microsoft, bekerja sama perangi polio


VIVA - BOLA,- Barcelona makin identik dengan sisi kemanusiaan. Setelah bekerja sama dengan salah satu badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) UNICEF, kini El Azulgrana bahu-membahu memerangi penyakit polio bersama yayasan milik pendiri Microsoft, Bill Gates.

Kerja sama Barcelona dengan Bill and Melinda Gates Foundation diresmikan di Washington, Kamis (28/7). Barcelona yang diwakili Presiden Sandro Rosell dan Nakhoda Pep Guardiola menyambut gembira tawaran selama tiga tahun untuk membantu memusnahkan polio dari muka bumi.

Dalam menjalankan misinya, Barcelona dan yayasan akan memakai dana masing-masing serta tidak akan ada pembagian kompensasi apa pun. Bill and Melinda Gates Foundation diizinkan menggunakan video atau foto Barcelona demi mengampayekan antipolio.

Jika Bill and Melinda Gates Foundation akan mendanai vaksin polio, Barcelona memanfaatkan jumlah suporter untuk meningkatkan kewaspadaan akan penyakit yang menyebabkan kelumpuhan itu. Di jejaring sosial Facebook saja ElAzulgrana memiliki suporter lebih dari 18 juta.

”Sepak bola adalah olahraga universal yang memiliki kekuatan luar biasa. Vaksin merupakan alat universal untuk menyelamatkan nyawa manusia,” ujar Guardiola dilansir AFP.

Demi mendukung gerakan ini Guardiola meminta suporter Barcelona untuk kompak. Di setiap laga Andres Iniesta dkk, fans diharapkan meneriakkan yel-yel ‘Finish It !’

”Yel itu mempunyai energi. Dengan suara seluruh suporter, kami yakin itu membantu memusnahkan polio,” sambung pelatih yang membawa Barcelona berkuasa di Primera Liga dan Liga Champions tersebut.

Pada 1988, polio membunuh 350.000 anak-anak di seluruh dunia. Angka kematian tersebut membuat sejumlah pihak menyatakan gerakan memusnahkan penyakit yang ditimbulkan virus tersebut.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berambisi menjadikan polio sebagai penyakit kedua yang hilang dari muka bumi pada 2000. Saat ini hanya empat negara di mana polio masih berkembang pesat, yakni Nigeria, India, Pakistan dan Afghanistan. Meskipun banyak usaha yang telah dilakukan, pada 2004 angka penderita polio terus meningkat. Nigeria tercatat dengan jumlah penderita terbesar.

”Kami memiliki peluang untuk memenangkan pertarungan melawan polio. Tapi kami butuh dukungan dari banyak pihak. Barcelona berkomitmen memanfaatkan olahraga sebagai alat bantu secara sosial demi mendukung upaya kami menyediakan vaksin dan memusnahkan polio,” ujar Bill Gates.

No comments:

Post a Comment

:k1 :k2 :k3 :k4 :k5 :k6 :k7 :k8 :k9 :a1 :a2 :a3 :a4 :a5 :a6 :a7 :a8 :a9