Friday 16 March 2012

CINTA TANAH AIR

Pancasila

  1. Ketuhanan yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuaan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Diatas ini ialah bunyi dari PANCASILA yang mana pancasila di Indonesia adalah sebagai dasar untuk memupuk warga negaranya agar lebih mencintai bangsa Indonesia sebagai mana rasa kecintaan para pahlawan Indonesia dalam mempertahankan keutuhan negaranya dari para penjajah yang akan merebut tanah luhur mereka.

Disini saya akan membahas arti dari kata "Cinta Tanah Air".

Dari contoh diatas dapat dilihat arti penting dari kata "Cinta Tanah Air". Cinta Tanah Air ialah pengertian dari suatu rasa kecintaan kita pada negara kita. Dengan mempunyai rasa ini, kita akan lebih mencintai negara kita. Mencintai dalam arti kita peduli akan nasib negara kita jika ada hal-hal yang mengusik ketentraman negara kita.
Jika suatu negara mempunyai warga negaranya yang begitu cinta kepada keutuhan negaranya sendiri, maka negara itu akan maju sebagai mana dambaan setiap negara, dan sebaliknya jika suatu negara yang warga negaranya kurang memiliki rasa cinta terhadap tanah airnya,maka negara itu tidak akan berkembang atau maju malah bisa mengalami kemunduran dalam hal apapun.

Rasa cinta tanah air sebaiknya dipupuk sejak dini,agar untuk kedepannya akan sangat membantu. Jika rasa itu telah ditanamkan sejak dini,maka peluang agar suatu negara akan sangat baik perkembangannya untuk kedepannya. Dan jika rasa itu belum dipupuk sejak dini kepada warga negaranya,maka peluang kemunduran suatu negaranya akan lebih besar.

Salah satu contoh cinta tanah air kita kepada negaranya yaitu seperti membayar pajak. Membayar pajak ini penting untuk kemajuan suatu negara, karena dalam hal ini mencangkup semuanya. Dari hasil pajak ini, negara dapat memenuhi kekurangan-kekurangan yang terjadi di negara itu sendiri.

No comments:

Post a Comment

:k1 :k2 :k3 :k4 :k5 :k6 :k7 :k8 :k9 :a1 :a2 :a3 :a4 :a5 :a6 :a7 :a8 :a9